Kemenlu Luncurkan Aplikasi Safe Travel Guna Lindungi WNI

  • Kemenlu Luncurkan Aplikasi Safe Travel Guna Lindungi WNI
  • Kemenlu Luncurkan Aplikasi Safe Travel Guna Lindungi WNI
Nasional

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri meluncurkan aplikasi Safe Travel versi beta yang diperuntukkan bagi warga negara Indonesia yang berada di luar negeri.

Aplikasi tersebut diklaim akan dapat membantu dan memudahkan WNI untuk melakukan beberapa aktivitas seperti mencari penginapan, mencari kuliner Indonesia terdekat, Kantor Perwakilan Indonesia serta mencari tempat ibadah di suatu negara.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menjelaskan bahwa aplikasi itu juga akan membantu pemerintah Indonesia untuk mengetahui keberadaan WNI yang berada di negara lain terkoneksi secara langsung dan akurat.

"Aplikasi ini akan sangat membantu kami untuk mengetahui sebaran WNI di luar negeri dan identitas mereka karena akan terhubung secara aktual," jelasnya saat pernyataan pers tahunan di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (10/1/2017)

Selain itu, dengan aplikasi tersebut, Kemenlu juga dapat memberikan bantuan cepat kepada WNI apabila dalam kondisi darurat dan dapat melaporkannya hanya dengan menggunakan telepon seluler.

Hal ini, kata Retno, akan menjadi bukti bahwa negara juga hadir untuk warga negara yang berada di luar negeri sekalipun baik untuk berwisata, bekerja ataupun belajar.

"Ini bukti negara hadir untuk kita semua baik yang di dalam maupun yang berada di luar negeri," ucap Retno.




Warta Sejenis

memuat...

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!